Healing Tipis-tipis Ala Bapak Ibu Banyumas

Terakhir diperbarui: 10 Jan 2024  |  143 Tinjau  | 

Healing Tipis-tipis Ala Bapak Ibu Banyumas

DEWA PANDAN JADI TUJUAN UTAMA BELAJAR DAN BERWISATA KAMBING KALIGESING

Desa Wisata Pandanrejo (Dewa Pandan)- Kepala Desa se-Kecamatan Lumbir Kabupaten Banyumas mengadakan acara studi tiru di Dewa Pandan pada 22 – 23 Desember 2023. Kegiatan ini diikuti oleh Camat beserta Kasi Lumbir dan seluruh kepala Desa di Kecamatan Lumbir. Peserta studi banding tersebut hadir menggunakan bus dan parkir di Kecamatan Kaligesing untuk disambut terlebih dahulu oleh Camat Kaligesing.

Sesampainya di Dewa Pandan tepatnya di Joglo Andjangsifa sebagai tempat metting point mereka langsung istirahat, salat dan makan siang. Setelah selesai isama, kegiatan selanjutnya yakni sharing season bersama Mas Sukis dan Mas Desi. Dengan tema Kambing Kaligesing menjadi icon Desa Wisata Pandanrejo dan cara beternak kambing dengan baik dan benar. Acara tersebut begitu interaktif hingga tak sadar waktu telah mematahkan perjumpaan merekan pada saat itu. Tapi jangan risau karena teman-teman Dewa Pandan membawa mereka ke destinasi selanjutnya yang berhubungan dengan kambing juga.

Perjalanan selanjutnya ke Padepokan Gori dampyak. Disini mereka bercengkrama asik dan saling tanya jawab mengenai Kambing Kaligesing. Besama Pak To, mereka diberi tahu mengenai sejarah Kambing Kaligesing, apa itu Kambing Kaligesing, menyusui cempe, memberi makan kambing, dan terakhir pemerahan susu yang langsung diminum. Tak lupa sebelum meminum secara fresh mereka diajak berswafoto terlebih dahulu.

Acara selanjutnya yakni edukasi cooking class olahan susu. Di aula Kampung Cantik mereka diajak mengolah susu menjadi semprong yang akan mereka rasakan sendiri. Kegiatan tersebut selesai hingga magrib dan mereka langsung isama kembali. Mereka dimanjakan dengan makanan khas dari Desa Pandanrejo dengan cantiknya platingan dari setiap menunya. Setelah selesai, mereka diajak cekin ke homestay untuk mandi dan istirahat sejenak. Tapi, disini mereka begitu semangatnya untuk memaksimalkan liburan di Dewa Pandan, kita mengadakan acara bakar-bakar jagung dan berkaraoke bersama. Hingga malam datang, mereka kembali ke homestay untuk istirahat.

Perjalanan terakhir mereka di Pandanrejo yakni berkunjung ke Pasar Seton (pasar sentra Kambing Kaligesing di Indonesia). Disana mereka melihat lihat kambing kaligesing dan berbelanja durian kaligesing. Kami bersyukur dengan adanya kunjungan ini karena kami juga belajar tentang kambing asli dari Banyumas.

Powered by MakeWebEasy.com
Website ini menggunakan kukis untuk pengalaman terbaik Anda, informasi lebih lanjut silakan kunjungi Kebijakan Privasi  dan  Kebijakan Kukis