Pelatihan Kuliner Olahan Susu Kambing Kaligesing

Terakhir diperbarui: 19 Nov 2023  |  207 Tinjau  | 

Pelatihan Kuliner Olahan Susu Kambing Kaligesing

Cooking Class bersama Go Milk Dewa Pandan

Di pagi yang cerah pada waktu itu, Rabu 1 November 2023 kontingen peserta pelatihan kuliner dari Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Boyolali bergegas menuju ke Desa Wisata Pandanrejo. Dengan durasi perjalanan kurang lebih 4 jam mereka sampai di Nanggulan, setelah itu dijemput dengan armada-armada Dewa Trans menuju ke lokasi meeting point Joglo Andjangsifa. Kedatangannya langsung disambut hangat oleh pengelola Dewa Pandan dan langsung dipersilahkan untuk menikmati wellcome drink. Dengan sajian makanan khas dari Kembang Pandan, senyum mereka mulai terpancar menghapus rasa lelah karena perjalanan panjang.

Tepat pukul 11.00 siang kita mulai melakukan rangkaian acaranya. Mulai dari pembukaan yang disambut oleh pemerintah Desa Pandanrejo dan dibuka oleh ibu Kabid Pemasaran Dinporapar Kabupaten Boyolali. Selanjutnya, langsung dilaksanakan cooking class yang diisi oleh Go Milk Production (Kelompok Kuliner Olahan Susu Desa Wisata Pandanrejo).

Peserta pelatihan kuliner dari Dinporapar Kabupaten Boyolali diajari bagaimana cara mengolah susu menjadi berbagai macam olahan produk. Akan tetapi, di sini kita praktik membuat "bolpis ketawa". Para peserta terlihat sangat antusias dalam pelatihan pembuatan "bolpis ketawa" tersebut. Harapannya, karena di daerah Boyolali terkenal dengan susu sapinya mereka dapat mengembangkan produk olahan susu tersebut dengan bahan dasar susu sapi serta dapat dipasarkan menjadi olahan khas desa wisata masing-masing.

Setelah praktik selesai dan makan siang mereka melanjutkan perjalanan ke Padepokan Goridampyak. Di sana mereka diberi gambaran sejarah perkembangan dan cara perawatan kambing kaligesing. Selain itu, mereka juga diajarkan memerah susu kambing kaligesing yang pada dasarnya itu merupakan komponen utama dari "bolpis ketawa" yang mereka buat. Berikutnya, mereka meminum susu kambing kaligesing secara fresh. Setelah selesai di Padepokan Goridampyak, mereka melanjutkan perjalanan ke Puncak Gunung Gajah.

Di sana selain eksplor dan berswafoto, mereka juga disambut dengan olahan kuliner khas Gunung Gajah yakni dawet goreng. Setelah puas berswafoto, maka berakhirlah trip pariwisata yang ada di Desa Wisata Pandanrejo.

Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada dinporapar Kab. Boyolali karena sudah menjadikan Dewa Pandan sebagai tempat untuk berwisata mereka. Semoga dengan adanya kunjungan ini dapat menjadikan manfaat untuk kita semua.

Powered by MakeWebEasy.com
Website ini menggunakan kukis untuk pengalaman terbaik Anda, informasi lebih lanjut silakan kunjungi Kebijakan Privasi  dan  Kebijakan Kukis