Desa Wisata Gilingharjo Bersama Yayasan Trukajaya Salatiga Tunjuk Dewa Pandan sebagai Tempat Studi Banding

Terakhir diperbarui: 25 Okt 2022  |  45 Tinjau  | 

Desa Wisata Gilingharjo Bersama Yayasan Trukajaya Salatiga Tunjuk Dewa Pandan sebagai Tempat Studi Banding

Desa Wisata Gilangharjo merupakan desa yang berada di Kapanewon Pandan, Kab. Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Bersama dengan Yayasan Trukajaya Salatiga, mereka melakukan trip full day di Dewa Pandan.

17 Oktober 2021, segenap team dari Desa Wisata Gilangharjo bersama dengan Yayasan Trukajaya Salatiga sampai di Bukit Sebutrong. Disambut oleh welcome drink khas Dewa Pandan dengan suasana sejuk khas pedesaan. Welcome dance Incling Langen Sari menjadi sajian pembuka trip mereka sekaligus disambut langsung oleh Kepala Desa Pandanrejo.

Perjalanan dimulai dari explore Bukit Sebutrong dan edukasi tempe super. Disana, guide lokal memberikan instruksi untuk mencari bunga pinus untuk diolah sebagai kerajinan. Setelah itu, lanjut menuju Kampung Cantik, mereka disana belajar mengenai tanaman, membuat bonsai kelapa, dan meninjau homestay Dewa Pandan. Selanjutnya, menuju Padepokan Goridampyak Farm dengan edukasi Kambing Kaligesing dan pemerahan susu. Tidak lupa, mereka juga mencoba susu segarnya. Selain itu mereka juga mencoba olahan susunya yaitu dalgona susu etawa. Setelah puas dengan perkambingan, Ia diajak lagi ke Puncak Gunung Gajah. Explore Gunung Gajah, naik ke Menara Uno (menara tempat berswafoto Mas Menteri Kemenparekraf Sandiaga Uno) dengan view 360 derajatnya, dan edukasi cooking class dawet goreng. Disitu mereka melaksanakan Ishoma sebentar.

Lanjut ke trip selanjutnya, menuju Pusat Kerajinan Setedun. Disana, mereka belajar membuat kerajinan dari bunga pinus yang didapatkan di Bukit Sebutrong. Salain itu, mereka juga belajar dan menyanyi bersama dengan diiringi alat musik kulintang. Hingga yang terakhir yaitu di Andjangsifa Farm. Sembari beristirahat di pendopo, disitu team Dewa Pandan dan Desa Wisata Gilangharjo betukar pikiran, pengalaman, dan ilmu tentang perwisataan di bidang Desa Wisata. Hingga sampai ahirnya, disana mereka berfoto dengan Gondes (Kambing PE ras Kaligesing dengan harga 500 jt) serta belajar tentang kambing PE seni kontes.

Pada trip kali ini, Dewa Pandan dan Desa Wisata Gilangharjo diharapkan mendapatkan manfaat berupa ilmu, relasi dan kerjasama dari stundi banding ini.






Powered by MakeWebEasy.com
Website ini menggunakan kukis untuk pengalaman terbaik Anda, informasi lebih lanjut silakan kunjungi Kebijakan Privasi  dan  Kebijakan Kukis